Cara Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua

Cara Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua – Saat kehamilan sudah mulai menginjak di bulan ke 8 atau pada mingu ke 40, perasaan was was mungkin banyak dialami oleh beberapa ibu hamil, terutama jika ini adalah kehamilan yang pertama.

Salah satu hal yang selama ini ditunggu adalah kontraksi kehamilan dimana ini biasanya merupakan tanda tanda proses melahirkan semakin dekat. Sebuah test kontraksi stres kadang juga diperlukan untuk mengetahui kondisi persalinan Anda nantinya. Test ini biasanya meliputi pemantauan eksternal jantung janin dan dilakukan saat usia kehamilan menginjak pada minggu ke 34 atau lebih.

Sebuah tes kontraksi stress dilakukan untuk memeriksa:

  • Jika bayi Anda akan tetap sehat selama kadar oksigen berkurang yang biasanya terjadi selama kontraksi selama persalinan.
  • Jika plasenta sehat dan dapat mendukung bayi Anda.

Sebuah tes kontraksi stress bisa dilakukan bila hasil dari tes nonstress atau profil biofisik tidak berada dalam kisaran normal.

Beberapa cara lama yang biasa dilakukan oleh orang untuk membantu persalinan lancar dan normal adalah dengan minum minyak goreng atau minyak kelapa murni. Meski hal ini tidak ada kaitannya dengan medis, namun hal ini masih dipercaya oleh sebagian ibu hamil tua.

Cara Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua

Beberapa cara dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk merangsang terjadinya kontraksi kehamilan, Dan berikut ini langkah yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk merangsang Kontraksi:

Merangsang Kontraksi dengan Pijatan di Titik Akupresur

Beberapa wanita akan menggunakan titik-titik akupresur untuk mencoba dan mengatur dan / atau mengintensifkan kontraksi mereka. Ini termasuk titik Tangan (dikenal sebagai ‘LI 4’) dan titik kaki (dikenal sebagai ‘LV 3’). Kedua poin ini tidak boleh digunakan dalam kombinasi dengan obat yang digunakan untuk merangsang kontraksi (seperti tetesan oksitosin atau prostaglandin), karena rahim dapat menjadi terlalu bersemangat.

  • Titik tangan ditujukan untuk ‘melepaskan’ (baik secara fisik maupun emosional), dan diyakini memiliki efek langsung pada serviks memungkinkan untuk melembutkan. Wanita biasanya akan menerapkan tekanan ke titik, pada waktu yang berbeda sepanjang hari, untuk merangsang kontraksi jika mereka belum mulai, tidak teratur atau tidak sangat kuat.Wanita itu dapat menemukan titik tangannya dengan membawa jari telunjuk dan ibu jari bersama untuk membentuk lipatan. Intinya adalah di geladak tangan, pada akhir lipatan, pada titik tinggi otot.
  • Titik kaki juga dapat digunakan untuk membantu merangsang kontraksi. Wanita, pasangan atau dukungan orang lain dapat menemukan titik di bagian atas kaki, di sudut yang dibentuk dari tulang terkemuka dari besar dan jari-jari kaki 2. Hal ini bisa sangat lembut, dan karena itu lebih mudah untuk menemukan dengan benar. Orang biasanya akan menerapkan tekanan untuk membantu kontraksi mengintensifkan dan menjadi lebih teratur, selama baik 1 atau tahap 2 dari tenaga kerja. Beberapa perawat akan menggunakan titik ini untuk membantu mengontrol perdarahan setelah melahirkan.

Merangsang Kontraksi dengan Jalan Santai

Jalan santi adalah cara yang paling umum dan bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil. Ini merupakan sebuah cara yang mudah dalam merangsang kontraksi. Saat terbaik untuk melakukan ini adalah pada waktu pagi hari. Anda bisa mengajak suami atau orang terdekat Anda untuk menikmati jalan jalan pagi. Namun, Anda juga bisa melakukan jalan santai ini dengan menggunakan treadmill di rumah. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca di Olahraga yang tepat Bagi Ibu Hamil

Merangsang Kontraksi dengan Meditasi

Seperti halnya yang dilakukan orang pada umumnya. Meditasi merupakan langkah untuk membantu seseorang berpikir tenang. Hal ini juga berlaku bagi Ibu hamil karena dengan meditasi tubuh akan lebih rileks dan siap menghadapi persalinan.

Agar meditasi bisa berjalan lancar, wanitua hamil diharuskan duduk di tempat yang tenang dan membiarkan pikiran menjadi kosong guna melepaskan stres dan ketegangan. Mengalihkan pikiran dari masalah kehamilan juga bisa membantu ibu hamil menyiapkan tubuh untuk kontraksi. Jika hal ini juga tak berhasil, maka metode ini setidaknya bisa membuat rileks otak Anda.

Merangsang Kontraksi dengan Pijatan

Sebuah pijatan yang lembut di ujung payudara dapat membantu merangsang kontraksi kehamilan. Hal ini dikarenakan stimulasi pada puting dapat membantuĀ merangsang produksi hormon oxytocin yang akan menimbulkan kontraksi rahim. Cara yang dilakukan adalah dengan meniru sensasi seperti yang dilakukan saat bayi menyusui.

Cobalah pijat lembut aerola (area kehitaman di sekitar ujung) dengan menggunakan pangkal telapak tangan dan baby oil agar tidak terasa sakit. Fokuslah pada satu tempat dulu selama lima menit, selingi istirahat selama 15 menit, lalu lakukan lagi pada sisi lainnya. Jika dalam waktu 15 menit tersebut tidak terjadi kontraksi, jangan lakukan lagi pada hari itu. Sebaiknya hal ini dilakukan sehari sekali.

Merangsang Kontraksi dengan Berhubungan Intim

Cara Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua

Seringkali para ibu saat periksa ke dokter atau bidan mendengar kata kata apakah sang ayah sudah menengok bayinya. Hal ini adalah cara halus untuk menyarankan Anda dan pasangan untuk berhubungan. Bukan tanpa alasan karena kegiatan ini dapat memicuĀ produksi hormon Oxytocin yang bisa menimbulkan kontraksi pada rahim Ibu dan juga ditambah denganĀ keluarnya cairan semen dari ibu hamil yang mengandung hormon prostaglandin yang akan membuat rahim Ibu melunak. Prostaglandins, substansi yang menyebabkan leher rahim melunak dan siap untuk membuka.

Nah, itulah beberapa cara Merangsang Kontraksi saat hamil tua yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan yang ada dipikiran Anda.

Leave a Reply