Penyebab Lain Bayi Lahir Prematur

premature1 pada bayiTips Hamil – Rendahnya tingkat Vitamin D di Awal Kehamilan memiliki keterikatan untuk menurunkan berat badan bayi saat lahir. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh beberapa ahli selama 50 tahun lebih. Untuk itulah Nutrisi Penting Untuk Kehamilan Yang Sehat sangat diperlukan oleh wanita hamil, terutama diawal kehamilannya. Berikut dibawah mengulas tentang salah satu Penyebab Lain Bayi Lahir Prematur dan juga Dampak buruk kurangnya vitamin D pada Wanita hamil.

Dampak Kurangnya Asupan Vitamin D pada Wanita Hamil

Wanita dengan memiliki kadar vitamin D kurang dari 0,015 diawal kehamilan mereka terutama sekitar 26 minggu atau di trimester Pertama dan juga di trimester kedua saat kehamilan memiliki bayi yang beratnya rata-rata di bawah 1,6 ons kurang dari ukuran berat normal. Hal ini disampaikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Selain itu, wanita yang kekurangan vitamin D selama 14 minggu pertama kehamilan mereka, dua kali lebih mungkin untuk memiliki bayi yang berat badannya berada di 10 persen lebih rendah, yang berarti mereka terlalu kecil untuk usia kehamilan. Bayi yang lahir kecil untuk usia kehamilan memiliki risiko lebih tinggi meninggal dalam bulan pertama mereka atau mengembangkan kondisi penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat menyebabkan berat badan lahir rendah dengan menghambat peningkatan yang khas dalam penyerapan kalsium oleh ibu, yang dapat mengurangi pertumbuhan tulang pada janin. Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan penurunan hormon yang diperlukan untuk menghasilkan glukosa dan asam lemak yang memberikan energi untuk janin. Ini menunjukkan bahwa uji klinis untuk menentukan apakah Anda dapat meningkatkan berat lahir dengan memberikan suplemen vitamin D terhadap wanita usia reproduksi dapat dibenarkan.

Selain itu bayi prematur yang lahir dari orang tua yang berpenghasilan rendah  berada pada risiko tinggi terutama untuk perdarahan otak berbahaya. Pendarahan tersebut dapat memerlukan beberapa operasi untuk perbaikan dan tindak lanjut yang lebih luas dalam perawatan. Perdarahan otak dapat memiliki dampak seumur hidup pada perkembangan neurologis dan kognitif anak, juga membuat beban keuangan pada keluarga.

Selain memiliki risiko lebih tinggi untuk perdarahan otak, bayi prematur yang lahir dari orangtua yang berpenghasilan rendah dengan asuransi kesehatan masyarakat memiliki sedikit tindak lanjut kunjungan penanganan dan kunjungan ruang gawat darurat dibandingkan bayi yang lahir tinggi dari orangtua yang memiliki pendapatan lebih dengan kesehatan asuransi swasta.

Jika sebuah keluarga yang memiliki penghasilan rendah yang dijadwalkan untuk tindak lanjut dan bukannya berakhir di UGD dengan komplikasi serius, kemungkinan terburuk yang akan terjadi mungkin dicegah, konsekuensi medis dan keuangan bisa jauh lebih buruk, tidak hanya untuk keluarga tetapi untuk sistem perawatan kesehatan sebagai Seluruh karena perawatan gawat darurat lebih mahal daripada check-up rutin.

Penyebab Lain Bayi Lahir Prematur

Seperti dilaporkan dalam sebuah study baru yang diadakan di Amerika bahwa hampir setengah juta bayi di Amerika Serikat masih lahir prematur. Sebuah kelahiran prematur terjadi pada kurang dari 37 minggu kehamilan. Prematuritas menempatkan bayi pada risiko untuk sejumlah masalah kesehatan termasuk kesulitan bernapas, cacat jantung dan pendarahan di otak. Beberapa kondisi yang hanya mampu bertahan sementara namun ada juga yang dapat bertahan.

Beberapa faktor utama yang masih berkontribusi pada terjadinya kelahiran prematur antara lain adalah merokok, kurangnya asuransi kesehatan dan induksi awal persalinan atau kelahiran sesar yang dijadwalkan antara 34 dan 36 minggu kehamilan tanpa alasan medis untuk persalinan. Persalinan antara 34 dan 36 minggu dianggap kelahiran prematur akhir.

Pada tingkat individu, perempuan dapat membuat perubahan yang dapat membantu mengurangi tingkat kelahiran prematur,  seperti berhenti merokok dan makan makanan yang sehat. Penting juga untuk memiliki kunjungan prakonsepsi dengan dokter Anda jika mungkin, dan untuk tetap melakukan kunjungan prenatal, bahkan jika Anda merasa baik-baik saja.

Para peneliti menilai dampak dari lima intervensi berbasis bukti untuk mengurangi kelahiran prematur adalah : mengurangi penggunaan operasi sesar, menghentikan kebiasaan merokok, membatasi transfer beberapa embrio dalam teknologi reproduksi, suplementasi progesteron, dan serviks cerclage, yang merupakan prosedur pembedahan yang dapat mencegah kelahiran prematur pada beberapa perempuan.

Setiap tahun, sekitar 15 juta bayi yang lahir prematur (sebelum 37 minggu kehamilan) dan sekitar 1,1 juta di antaranya meninggal. Sebagian besar dari kematian yang terjadi di negara-negara miskin, di mana bayi meninggal karena kurangnya perawatan sederhana.

Sebuah pemahaman kita tentang bagaimana, mengapa dan kapan kelahiran prematur terjadi, dan efek yang ditimbulkan dalam hal ini pada ibu dan bayi, kelahiran prematur akan tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama.

Leave a Reply