Tips Merawat Kehamilan Ditrimester Ketiga

Momymilk – Setelah beberapa waktu lalu kita membahas Tips Merawat kehamilan Ditrimester Kedua, Sekarang kehamilan Anda telah mencapai trimester ketiga, Anda berada dipusat peregangan dari kehamilan Anda. Anda hanya punya beberapa minggu lagi untuk kehamilan anda, tapi ini adalah bagian dari kehamilan Anda bisa menjadi yang paling menantang.

Pada artikel ini, kita akan membahas Tips Merawat kehamilan Ditrimester Ketiga, dimana Anda akan belajar apa yang diharapkan selama trimester ketiga kehamilan anda. Anda akan mengetahui gejala yang normal dan mana yang seharusnya melakukan panggilan ke dokter Anda.

Perubahan Tubuh Anda

Sakit punggung. Berat tambahan yang Anda peroleh menempatkan tekanan tambahan pada punggung Anda, membuatnya merasa pegal dan sakit. Anda juga mungkin merasa ketidaknyamanan pada panggul dan pinggul sebagai ligamen santai Anda untuk mempersiapkan tenaga. Untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda, berlatihlah untuk membuat postur tubuh yang baik. Duduk tegak dan menggunakan kursi yang memberikan dukungan kembali. Pada malam hari, cobalan untuk tidur dengan posisi miring dengan bantal terselip di antara kaki Anda. Kenakan sandal atau sepatu yang bertumit rendah atau gunakan sepatu yang nyaman dengan dukungan lengkungan yang baik. Untuk meredakan sakit punggung , gunakan bantal pemanas dan tanyakan kepada dokter apakah itu perlu bagi Anda untuk mengkonsumsi asetaminofen .

Perdarahan. Spotting kadang-kadang dapat menjadi tanda dari masalah serius, termasuk plasenta previa (plasenta yang sedikit tumbuh dan meliputi leher rahim), plasenta (pemisahan plasenta dari dinding rahim), atau persalinan prematur . Hubungi dokter Anda segera setelah Anda melihat pendarahan.

Kontraksi Ringan. Anda mungkin mulai merasa kontraksi ringan, dimana hal itu untuk mempersiapkan rahim Anda untuk kerja nyata yang akan datan, yaitu proses melahirkan. Kontraksi Ringan sering tidak sebagai intens seperti kontraksi persalinan yang nyata, tetapi mereka mungkin sering terjadi dan akhirnya dapat berkembang untuk itu. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa kontraksi yang nyata secara bertahap lebih dekat dan lebih intens. Jika wajah Anda merah dan kehabisan napas setelah kontraksi, atau mereka datang secara teratur, hubungi dokter Anda.

Pembesaran Payudara. Pada akhir kehamilan, payudara Anda akan tumbuh sebanyak 2 kilogram. Pastikan Anda mengenakan bra yang mendukung sehingga punggung Anda tidak kesakitan. Anda mungkin mulai melihat cairan kekuningan bocor dari puting susu Anda. Zat ini, yang disebut kolostrum dimana hal itu akan menyehatkan bayi Anda dalam beberapa hari pertama setelah lahir.

Discharge. Anda mungkin melihat lebih banyak cairan vagina selama trimester ketiga. Jika aliran ini dirasa cukup banyak dan penggunaan panty liner tak lagi cukup, hubungi dokter Anda. Mendekati dengan tanggal kelahiran, Anda mungkin akan melihat secara jelas atau sedikit darah yang keluar. Ini adalah plug lendir Anda, dan itu adalah tanda bahwa leher rahim Anda sudah mulai melebar dalam persiapan untuk persalinan. Jika Anda mengalami keluar cairan secara mendadak, hal ini dapat berarti bahwa air ketuban telah rusak (meskipun hanya sekitar 8% dari wanita hamil mengalami pecahnya air ketuban mereka sebelum kontraksi dimulai). Hubungi dokter Anda sesegera mungkin jika Anda mengalami hal ini.

Kelelahan. Anda mungkin telah merasa energik di trimester kedua, tetapi anda mulai lelah sekarang. Anda akan terbangun beberapa kali sepanjang malam untuk pergi ke kamar mandi, dan berurusan dengan kecemasan terkait dalam hal mempersiapkan kelahiran bayi anda. Makan makanan sehat dan konsumsi Nutrisi Penting Bagi Kehamilan Yang Sehat dan juga melakukan latihan rutin untuk memberikan dorongan pada diri Anda menjadi salah satu Tips Merawat Kehamilan Ditrimester Ketiga. Ketika Anda merasa lelah, cobalah untuk tidur siang, atau setidaknya duduk dan bersantai selama beberapa menit. Anda perlu untuk mempersiapkan semua kekuatan Anda dari sekarang.

Sering buang air kecil. Sekarang bayi Anda lebih besar, kepala bayi dapat menekan pada kandung kemih. Tekanan ekstra itu membuat Anda harus lebih sering pergi ke kamar mandi. Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda mengalami kebocoran urin ketika Anda batuk , bersin, tertawa, atau olahraga. Untuk mengurangi tekanan dan mencegah kebocoran, pergi ke kamar mandi setiap kali Anda merasakan dorongan buang air kecil. Hindari mimun tepat sebelum tidur untuk mengurangi diinginnya larut malam saat ke kamar mandi. Kenakan panty liner untuk menyerap kebocoran yang tidak terjadi. Biarkan dokter Anda tahu jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi saluran kemih .

Heartburn dan sembelit. Mereka disebabkan oleh produksi tambahan hormon progesteron, yang melemaskan otot-otot tertentu Рtermasuk otot-otot di esofagus Anda yang biasanya menjaga makanan dan asam turun ke perut Anda untuk dicerna melalui usus Anda . Untuk meringankan mulas, cobalah makan lebih sering, makanan kecil sepanjang hari dan menghindari makanan berminyak, pedas, dan asam (seperti buah jeruk). Untuk sembelit,  cobalah untuk meningkatkan asupan serat Anda dan minum cairan tambahan untuk menjaga hal-hal bergerak lebih lancar. Jika Anda mulas atau sembelit benar-benar mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang obat apa yang mungkin tidak aman bagi Anda untuk menghilangkan gejala tersebut.

Wasir. Wasir sebenarnya varises – vena bengkak yang terbentuk di sekitar anus . Pembuluh darah membesar selama kehamilan karena darah ekstra yang mengalir melalui mereka dan berat kehamilan meningkatkan jumlah tekanan ke daerah tersebut. Untuk meringankan gatal dan ketidaknyamanan, cobalah duduk di bak hangat. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda juga dapat mencoba salep untuk mengobati wasir atau pelunak tinja .

Sesak napas. Saat rahim Anda berkembang, itu akan naik sampai tepat di bawah tulang rusuk Anda dan meninggalkan sedikit ruang untuk paru-paru Anda untuk. Bahwa tekanan ditambahkan pada paru-paru Anda dapat membuat Anda lebih sulit untuk bernapas. Berolahraga dapat membantu sesak napas. Anda juga dapat mencoba menopang kepala dan bahu dengan bantal saat Anda tidur.

Varises. sirkulasi Anda telah meningkat untuk mengirim darah ekstra untuk bayi Anda tumbuh. Bahwa aliran darah berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah merah mengecil, yang dikenal sebagai spider veins, muncul pada kulit . Spider veins mungkin lebih buruk di trimester ketiga Anda, tetapi mereka harus memudar setelah bayi Anda lahir. Tekanan pada kaki Anda dari bayi Anda tumbuh juga dapat menyebabkan beberapa vena di kaki Anda menjadi bengkak dan biru atau ungu. Ini disebut varises. Meskipun tidak ada cara untuk menghindari varises, Anda dapat mencegah mereka dari semakin parah dengan :

  • Bangun dan bergerak sepanjang hari
  • Menggunakan support hose
  • Menopang kaki Anda setiap kali Anda harus duduk untuk jangka waktu yang lama.

Pembengkakan. cincin Anda mungkin merasa ketat hari ini, dan Anda juga dapat melihat bahwa pergelangan kaki dan wajah Anda menjadi kembung. Pembengkakan ringan adalah hasil dari retensi cairan yang berlebihan ( edema ). Untuk mengurangi pembengkakan, menempatkan kaki Anda di atas bangku atau kotak setiap kali Anda duduk untuk waktu yang lama, dan mengangkat kaki Anda saat Anda tidur merupakan Tips Merawat Kehamilan Ditrimester Ketiga yang tepat. Jika Anda mendapati onset mendadak bengkak, cobalah mencari perhatian medis segera mungkin karena mungkin itu adalah tanda preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang berbahaya.

Kenaikan berat badan. Standar normal untuk kenaikan berat seminggu selama trimester ketiga Anda adalah 0,22kg sampai 0,45 kg. Pada akhir kehamilan Anda, Anda harus telah mencapai total sekitar 12 sampai 16kg (dokter Anda mungkin telah merekomendasikan bahwa Anda mendapatkan berat badan lebih atau kurang jika Anda mulai hamil dalam keadaan kurus atau kelebihan berat badan). Penambahan berat tersebut terdiri dari berat badan bayi, ditambah plasenta, cairan amnion, darah meningkat dan volume cairan, dan juga jaringan payudara. Jika bayi Anda tampaknya terlalu kecil atau terlalu besar didasarkan pada ukuran perut Anda, dokter akan melakukan USG untuk memeriksa pertumbuhannya.

Gejala Bendera Merah

kehamilan trimester ketigaGejala-gejala tersebut bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kehamilan Anda. Jangan menunggu untuk kunjungan rutin kehamilan Anda untuk berbicara tentang hal itu. Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami:

  • Sakit perut atau kram yang parah
  • Mual atau muntah yang parah
  • Pendarahan
  • Pusing yang parah
  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Berat badan yang cepat (lebih dari 6,5 kilogram per bulan) atau berat badan terlalu sedikit

Nah, itulah tadi sedikit dari ulasan pada Tips Merawat Kehamilan Ditrimester Ketiga kali ini, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply