Kapan Bisa Hamil Setelah KB?

Kapan Bisa Hamil Setelah KB – momymilk,com - Bagi beberapa orang, hamil setelah menjalani kontrol kelahiran atau KB, seperti pil, semudah menghentikan obat dan mencoba untuk hamil. Bagi yang lain, bagaimanapun, mendapatkan hamil mungkin membutuhkan usaha lebih. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas tentang Cara Alami Agar Cepat Hamil, kini kita akan mengulas seberapa cepat kehamilan pasca KB.

Kehamilan Setelah KB

Hamil Setelah KBBeberapa wanita menghabiskan bertahun-tahun di pengendalian kelahiran karena mereka ingin menunggu sampai waktu yang tepat untuk hamil. Begitu mereka telah memutuskan bahwa waktu telah tiba dimana mereka telah siap untuk memulai kehamilan, namun mereka malah justru harus bersabar. Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi secara tepat kapan Anda akan mendapatkan hamil ada beberapa norma yang harus diperhatikan sehingga Anda akan dapat memiliki harapan yang realistis.

Berapa Lama Sebaiknya Anda Tunggu?

Anda bisa mulai mencoba untuk hamil segera setelah Anda berhenti minum pencegah kehamilan. Namun, beberapa dokter merekomendasikan menggunakan alternatif bentuk kontrol kelahiran sampai Anda telah memiliki satu siklus normal hanya untuk merencanakan kehamilan lebih mudah. Selain itu, di masa lalu itu berpikir mungkin ada konsekuensi negatif bagi janin jika hamil terlalu cepat setelah program KB. Penelitian yang lebih baru menunjukkan ada sedikit atau tidak ada bukti untuk mendukung ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Anda akan mulai berovulasi biasanya satu atau dua bulan setelah Anda berhenti menunda kelahiran atau KB Anda. Namun, bagi beberapa wanita proses akan lebih cepat dan bagi yang lain mungkin memakan waktu lebih lama. Salah satu faktor yang akan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi ovulasi Anda kembali normal adalah bagaimana biasanya ovulasi Anda adalah sebelum pengendalian kelahiran.

Kapan Bisa Hamil Setelah KB? Jika Anda sangat teratur Anda mungkin akan kembali ke keadaan yang lebih cepat daripada seseorang yang memiliki ovulasi tidak teratur. Demikian pula, lebih teratur ovulasi Anda semakin mudah untuk hamil. Meskipun dimungkinkan untuk hamil segera setelah penghentian kontrol kelahiran (KB), Pembuahan biasanya memakan waktu beberapa bulan dan sampai enam bulan. Jika Anda tidak hamil enam bulan setelah Anda berhenti melepas KB atau kontrol kelahiran Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda.

Kesehatan Terkait KB

Beberapa wanita mengambil kendali lahir bukan untuk mengendalikan pembuahan, tetapi sebagai pengobatan untuk kondisi kesehatan terkait. Ketika memilih untuk berhenti mengambil kontrol kelahiran dalam rangka untuk hamil, berbicaralah dengan dokter Anda tentang kondisi kesehatan terkait penting sebelum Anda berhenti KB.

Dapatkah saya Dapatkan Hamil?

Tubuh adalah instrumen presisi yang melakukan ratusan proses milidetik telur ditanamkan dengan sperma. Sifat rumit dari proses ini dapat menyebabkan tubuh untuk diri membatalkan beberapa janin sebelum telur dibuahi layak ditanamkan dalam rahim. Tidak ada bukti bahwa pil KB akan mencegah wanita dari mendapatkan hamil dan penundaan kehamilan lebih dari mungkin hanya keterlambatan normal dalam proses pembuahan.

Pengendalian kelahiran merupakan bagian besar dari pilihan masyarakat untuk memiliki hubungan intim tanpa kemungkinan kehamilan. Ketika berhenti KB demi mendapatkan kehamilan, wanita sering berpikir tubuh mereka akan segera siap untuk hamil dan bayi akan lahir 40 minggu setelah mereka menghentikan program KB mereka. Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa tubuh membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dan dalam kebanyakan kasus, kehamilan akan terjadi saat tubuh siap untuk hamil.

Pengaruh dari Jenis KB terhadap Kehamilan

Kapan Bisa Hamil Setelah KB? Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk kesuburan full wanita untuk kembali setelah menghentikan kontrasepsi bervariasi untuk setiap wanita dan tergantung pada metode pengendalian kelahiran yang dia gunakan. Kemampuan Anda untuk mendapatkan hamil secara bertahap menurun seiring pertambahan usia, dimulai pada usia 25. 

Kesehatan yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur juga dapat menurunkan kesuburan Anda. Setelah Anda berhenti dari segala bentuk kontrol kelahiran, Anda mungkin memiliki waktu yang lebih sulit hamil hanya karena Anda lebih tua daripada ketika Anda mulai menggunakan kontrol kelahiran. Untuk mengatasi permasalahan ini, banyak cara dilakukan seperti salah satunya Yoga, Anda bisa  membacanya di Meningkatkan Kesuburan Dengan Yoga.

  • Metode penghalang. Anda bisa hamil pada setelah segera Anda berhubungan dengan pasangan ketika Anda berhenti menggunakan metode penghalang apapun. Metode penghalang termasuk diafragma, cervical cap, Lea Shield, kondom laki-laki, kondom perempuan, dan busa spermisida, spons, gel, supositoria, dan film.
  • Metode hormonal kombinasi. Metode ini termasuk pil dan cincin. Mereka mengandung estrogen dan progestin (sintetis progesteron ). Anda bisa hamil segera setelah berhenti dari program KB pengendalian kelahiran hormon reguler dosis atau dosis rendah. Sekitar setengah dari wanita hamil dalam 3 bulan pertama setelah berhenti menggunakan pil KB, dan kebanyakan wanita hamil dalam waktu 12 bulan setelah berhenti menggunakan pil KB. Informasi spesifik tentang seberapa cepat kesuburan seorang wanita kembali setelah berhenti menggunakan patch atau cincin tidak tersedia, meskipun para ahli percaya bahwa penundaan mungkin mirip dengan atau lebih pendek dari pil KB.
  • Metode hormonal Progestin. Metode ini termasuk pil, implan (sepertiImplanon ), dan menembak (seperti Depo- Provera ). Dengan implan, Anda bisa hamil secepat itu dihapus. Ini mungkin memakan waktu 3 sampai 18 bulan setelah gambar terakhir Anda untuk hamil. Progestin-satunya pil, juga disebut “mini-pil,” tampaknya tidak menunda kesuburan. Kebanyakan wanita akan hamil dalam waktu 6 bulan setelah menghentikan pil mini.
  • Intrauterine device (IUD). Untuk kedua tembaga IUD dan IUD hormonal, kesuburan biasanya kembali dengan siklus menstruasi pertama setelah IUD removal.

Jika Anda hamil segera setelah berhenti menggunakan pil KB, jangan khawatir. Menggunakan alat kontrasepsi sebelum kehamilan tidak meningkatkan risiko masalah keguguran atau janin. Tapi jika Anda tidak memiliki siklus menstruasi normal sebelum hamil, mungkin sedikit lebih sulit untuk memprediksi secara akurat tanggal jatuh tempo Anda.

Baca juga: Penyebab Lain Bayi Lahir Prematur

Nah, semoga dengan membaca artikel diatas Bunda bisa lebih tahu Kapan Bisa Hamil Setelah KB yang lakukan. Untuk artikel selanjutnya, momymilk.com akan mengulas tentang Tips Olahraga Pemula Saat Hamil. Seperti biasa, jika artikel ini menarik menurut Bunda, beritahukan kepada teman Anda dengan klik tombol share dibawah ini. Satu klik share yang Bunda lakukan sangat berarti bagi kami untuk terus berkarya dalam memberikan tulisan untuk menambah wawasan Kita semua. Terimakasih Bunda. :)

Leave a Reply