Tanda Kehamilan Yang Terkena Virus TORCH

Tanda Kehamilan Yang Terkena Virus TorchMomymilk – memiliki kehamilan yang sehat tentunya keinginan bagi para Ibu semua. Berbagai macam upaya dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi janin dan juga ibu hamil. Tak terkecuali untuk dapat menghindari tertularnya atau masuknya suatu parasit yang biasa disebut dengan Toksoplasma.

Biasanya orang umum menyebut ini adalah virus, namun sebenarnya ini adalah parasit yang biasa terjadi pada wanita hamil. Beberapa ibu sering menanyakan tentang Tanda Kehamilan Yang Terkena Virus Tokso dan hal inilah yang membuat momymilk terdorong untuk menulis tentang virus TORCH / toksoplasma gondii, setelah sebelumnya kami berikan tentang 7 Bahaya Kehamilan Dalam Trimester Pertama kehamilan.

Tentang Toksoplasma Gondii

Toksoplasma gondii adalah sebuah parasit yang menjadi penyebab penyakit toksoplasmosis, bukan virus. Hal ini, orang sering salah kaprah dalam pengartiannya karena dalam pengelompokan penyakit TORCH, kebanyakan memang berupa virus (misalnya herpes, rubella, CMV, hepatitis dan sebagainya).

Bila tubuh terkena infeksi, maka akan terjadi respon sistem kekebalan dengan membentuk imunoglobulin M (IgM), kemudian berlanjut dengan terbentuknya zat kebal imunoglobulin G (IgG). IgG tidak berbahaya terhadap janin atau kehamilan karena dia merupakan suatu protein bukan kuman penyakit.

Oleh karena itu bila hasil pemeriksaan darah hanya menunjukkan adanya IgG, maka Ibu tidak perlu khawatir untuk hamil. Sedangkan bila IgM toksoplasma Ibu positif, pemeriksaan laboratorium perlu diulang 4 minggu untuk lebih memastikan ada tidaknya infeksi. IgM pun tidak 100% benar, tetapi harus disertai pemeriksaan lain untuk menemukan parasit toksoplasma. Misalnya biakan cairan ketuban atau pemeriksaan jaringan plasenta. Pemeriksaan tersebut sulit dan mahal harganya, sehingga belum bisa dilakukan secara rutin.

Bila IgG (+), IgM (+), maka perlu diperiksa IgG Aviditas. Lalu kalau IgG aviditas Ibu tinggi, maka tidak perlu diobati karena sistem kekebalan Ibu baik dan dapat melindungi bayi. Toksoplasma sudah ada obatnya, di antaranya golongan spiramisis. Obat-obatan tersebut “relatif aman”, artinya harus diberikan dokter dan ada alasan kuat untuk memberikannya. Terlebih pada kehamilan tiga bulan pertama.

Bayi dikatakan normal bila dalam penilaian satu menit dan lima menit setelah lahir segera menangis kuat, gerakan anggota gerak kuat, kulitnya tidak biru, denyut jantungnya > 100 kali per menit dan pernapasannya normal. Bila tidak menangis, dapat dipastikan ada suatu kelainan yang harus segera diatasi dan dicari penyebabnya. Karena salah satu dampak jangka panjang kekurangan oksigen adalah gangguan otak, bisa berupa gangguan intelektualitas atau gangguan perilaku. Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk menilai kondisi bayi dan perkembangan selanjutnya. Terima kasih atas pertanyaannya.

Mencegah Penularan Virus TORCH

Pencegahan penularan toksoplasma sebetulnya tidak sulit. Misalnya jangan mengonsumsi daging mentah atau setengah matang, biasakan cuci tangan sebelum makan, jaga kebersihan alat makan, tutup dengan baik makanan yang sudah siap saji (jangan kena debu), dan hindari bergaul terlalu akrab dengan binatang (terutama kucing). Langkah-langkah tersebut penting karena penularan toksoplasma dapat melalui plasenta dan melalui mulut (makanan atau minuman).

Mengingat bahaya dari TORCH untuk ibu hamil, bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan atau yang saat ini sedang hamil, Anda dapat mempertimbangkan saran-saran berikut agar bayi Anda dapat terlahir dengan baik dan sempurna.

Konsumsi makanan bergizi

Saat hamil, sebaiknya Anda mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Selain baik untuk perkembangan janin, gizi yang cukup juga akan membuat tubuh tetap sehat dan kuat. Bila tubuh sehat, maka tubuh dapat melawan berbagai penyakit termasuk TORCH sehingga tidak akan menginfeksi tubuh.

Pemeriksaan sebelum kehamilan

Ada baiknya, Anda memeriksakan tubuh sebelum merencanakan kehamilan. Anda dapat memeriksa apakah dalam tubuh terdapat virus atau bakteri yang dapat menyebabkan infeksi TORCH. Jika Anda sudah terinfeksi, ikuti saran dokter untuk mengobatinya dan tunda kehamilan hingga benar-benar sembuh.

Lakukan vaksinasi

Vaksinasi bertujuan untuk mencegah masuknya parasit penyebab TORCH. Seperti vaksin rubela dapat dilakukan sebelum kehamilan. Hanya saja, Anda tidak boleh hamil dahulu sampai 2 bulan kemudian.

Makan hanya makanan yang matang

Hindari memakan makanan yang tidak matang atau setengah matang. Virus atau parasit penyebab TORCH bisa terdapat pada makanan dan tidak akan mati apabila makanan tidak dimasak sampai matang. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, selalu konsumsi makanan matang dalam keseharian Anda. Beberapa makanan memang kurang bagus bagi kehamilan, untuk itu Anda bisa membacanya di: Makanan Yang Perlu Dihindari Saat Hamil

Pemeriksaan kandungan secara terartur

Selama masa kehamilan, pastikan juga agar Anda memeriksakan kandungan secara rutin dan teratur. Maksudnya adalah agar dapat dilakukan tindakan secepatnya apabila di dalam tubuh Anda ternyata terinfeksi TORCH. Penanganan yang cepat dapat membantu agar kondisi bayi tidak menjadi buruk.

Jaga kebersihan tubuh

Jaga kebersihan tubuh Anda. Prosedur higiene dasar, seperti mencuci tangan, sangatlah penting.

Hindari kontak dengan penderita penyakit

Seorang wanita hamil harus menghindari kontak dengan siapa pun yang menderita infeksi virus, seperti rubela, yang juga disebut campak Jerman.

Dengan mencari lebih banyak informasi tentang merawat kehamilan serta merawat diri sebelum dan selama masa kehamilan maupun dengan memikirkan masak-masak jauh di depan tentang berbagai aspek melahirkan, seorang wanita akan melakukan sebisa-bisanya untuk memastikan kehamilan yang lebih aman. Maka, bagi seorang wanita hamil, cobalah untuk selalu waspada terhadap berbagai penyakit seperti TORCH agar bayi Anda terlahir sehat.

virus toksoNah, dengan membaca Tanda Kehamilan Yang Terkena Virus TORCH kali ini, momymilk berharap Anda para ibu dan calon ibu lebih mengerti tentang toksoplasma dan juga bagaimana merawat kehamilan Anda.

Jika apa yang momymilk tulis kali ini menarik menurut Anda, beritahukan kepada teman Anda dengan cara klik tombol share yang ada dibawah artikel ini dan biarkan teman Anda juga ikut membacanya. Terimakasih Bunda.. ­čÖé

source: doktergaul

Leave a Reply