Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol

Momymilk – Memiliki anak merupakan penambahan aktivitas yang kadang bisa merepotkan. Namun semua itu adalah hal yang wajar untuk dialami bagi orang tua. Salah satu pekerjaan yang menjengkelkan diantaranya adalah mengatasi anak yang masih mengompol. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini? Nah, setelah kemarin kita mengulas tentang Kesalahan Dlaam Mendidik Anak, berikut di bawah ini ada beberapa cara Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol yang bisa menjadi dukungan buat Anda.

anak mengompol - momymilk

Ketahuilah bahwa mengompol sering merupakan bagian normal dari tumbuh dewasa. Kebanyakan anak akan mengompol di malam hari sampai mencapai usia sekitar 3 tahun. Dan itu biasanya tidak menjadi perhatian bagi orang tua sampai usia sekitar 6 tahun. Ada cara untuk bekerja ke arah malam kering sebagai sebuah keluarga.

Anda Menjadi Dukungan Anda

Yakinkan anak Anda dengan bersikap mendukung. Dia tidak mengompol karena tujuan tertentu. Dan mengompol tidak biasanya merupakan tanda masalah emosional atau fisik. Jelaskan bahwa itu adalah normal, sangat umum, dan bahwa ia tidak akan selalu mengompol.

Bicara dan Berbagi Pengalaman

Mengompol sering terjadi dalam keluarga. Jika Anda atau pasangan Anda mengompol ketika masih anak anak, berbicara dengan anak Anda tentang hal itu akan membuatnya merasa tenang. Ini akan membantunya melihat bahwa orang lain dapat mengatasi hal itu. Dan mungkin membantu dia merasa tidak sendirian dan malu.

Apa Penyebab Mengompol?

Untuk Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya. Banyak hal yang dapat menyebabkan mengompol. Ini bisa menjadi pengembangan yang lebih lambat dari kontrol kandung kemih atau tidur yang lelap. Mungkin ada faktor hormonal. Stres dan kecemasan dapat menjadi penyebabnya. Seorang anak yang sudah tidak mengompol dan tiba-tiba mulai mengompol lagi, mungkin memiliki infeksi, atau sesuatu seperti sesuatu yang bergerak yang mungkin mengganggu dia.

Bantu Anak Anda Mencari Solusi

Jika dia telah berusia 4 tahun atau lebih, cobalah untuk meminta bantuannya dan membicarakannya. Apa yang mungkin dapat membantunya berhenti mengompol?  Minum sedikit di malam hari dan mengurangi minuman soda berkafein mungkin patut dicoba. Anda juga dapat menawarkan pilihan seperti pakaian sekali pakai atau lembaran tahan air. Dengan menjaganya agar tetap positif dan melibatkan dirinya, Anda akan membantu membangun kepercayaan dirinya dan mendorong kebiasaan tidur yang baik.

Pujian dan Reward untuk Tetap Kering

Ketika anak Anda memiliki tidur malam yang kering tanpa mengompol, cobalah untuk memuji dia. Beberapa keluarga menandai hari basah dan kering pada kalender. Stiker atau bintang dapat membuatnya menyenangkan. Jika anak Anda tetap kering beberapa malam berturut-turut, cobalah untuk menawarkan hadiah kecil seperti sarapan yang menyenangkan atau buku kecil. Hal ini dapat mendukung dan mengingatkannya bahwa dengan menjaga tetap kering, hasil usahanya akan datang.

Menyediakan Pengingat Sederhana

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol selanjutnya adalah dengan mengingatkan untuk ke kamar mandi sebelum ia pergi ke tempat tidur dan jadikan itu bagian dari rutinitas tidurnya. Juga mengingatkan dia bahwa itu hal yang bagus untuk bangun di malam hari untuk ke kamar mandi. Lampu yang terang dapat membantu dia menemukan jalan sendiri bolak-balik dari kamar mandi

Bangunkan di malam hari

Beri dorongan untuk membangunkan anak Anda berulang kali pada malam hari. Jika Anda menggunakan pendekatan ini, bangun sekali saja dimalam harus cukup, mungkin tepat sebelum Anda sendiri pergi tidur. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda menngganggu anak Anda dari istirahat dan tidur, Anda dapat meningkatkan tingkat nya stres. Stres bisa menjadi pemicu mengompol. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Libatkan Anak Anda Saat Membersihkan Tempat Tidur

Ketika ia membasahi tempat tidur dengan ompolnya, ia dapat menempatkan pakaian kotornya dalam keranjang atau membantu Anda mengganti seprai. Pastikan dia mengerti itu bukan hukuman, hanya bagian dari apa yang harus dilakukan. Idenya adalah untuk membuat dia lebih sadar tanpa memarahi dia atau membuatnya merasa malu.

Membersihkan: Menghilangkan Bau Urine

Kecelakaan terjadi. Dan ketika mereka melakukannya, urin dapat meninggalkan bau membandel di pakaian dan seprai. Lalu bagaimana yang harus Anda lakukan untuk membersihkannya? Coba tambahkan setengah cangkir cuka putih kedalam cucian bekas ompol untuk menghilangkan bau.

Membersihkan Tempat Tidur: Langkah 1

Jika Anda perlu membersihkan urin dari kasur, gunakan handuk pertama untuk menghapus sebanyak yang Anda bisa. Jauhkan blotting, tapi jangan gosok, sampai tidak ada lagi air muncul ke permukaan

Membersihkan Tempat Tidur: Langkah 2

Setelah Anda menghilangkan urin sebanyak yang Anda bisa, semprot seluruh area noda urin dengan hidrogen peroksida. Diamkan selama 5 menit, dan kemudian menggunakan handuk lagi untuk menghapus daerah tersebut dengan menyerapnya menggunakan kain kering.

Membersihkan Tempat Tidur: Langkah 3

Setelah kasur kering, taburkan baking soda di atas seluruh wilayah dan biarkan selama 24 jam. Keesokan harinya, vakum baking soda tersebut. Ini harus bersih dan bebas bau. Selain dengan cara diatas, jika memungkinkan, Anda bisa menjemur kasur tersebut dibawah terik matahari

Bantu Tingkat Stres Anak

Jika anak Anda gugup tentang menginap di tempat lain, Anda bisa mengingatkannya pada langkah yang ia gunakan untuk tetap kering saat di rumah. Memberikan dia dengan pakaian sekali pakai dan pakaian ekstra dalam kasus kecelakaan dapat membantu mengurangi kecemasan. Sebuah alas tidur dengan lapisan tahan air juga dapat membantu.

Beberapa obat (desmopressin, imipramine, atau desipramin) mungkin berguna untuk penggunaan jangka pendek pada acara-acara khusus ketika anak Anda yang lebih tua ingin tetap kering, seperti di kamp atau menginap di tempat lain.

Sebelumnya, cobalah untuk memberitahukan pada orang dewasa yang mengajaknya bahwa anak Anda mungkin memiliki beberapa kekhawatiran tentang mengompol. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi Anak Yang Suka Mengompol dengan tidak membuatnya semakin stres. Diskusikan rencana anak Anda untuk mengatasi sehingga semua orang merasa siap

Berlatih Kesabaran

Memarahi atau kehilangan kesabaran Anda tidak akan membuat anak Anda berhenti mengompol. Jangan membawa mengompol di depan orang lain dalam upaya untuk mempermalukan dirinya. Memalukan nya dengan harapan itu akan membuat dia berhenti justru akan meningkatkan stres dan kecemasan. Sementara itu, ingat bahwa mengompol pada akhirnya akan berhenti. Cobalah berlatih kesabaran dan memberikan dukungan, sementara Anda menunggu

Berurusan Dengan “Menggoda” di Rumah

Mengompol dapat membuat anak Anda sasaran empuk untuk menggoda dan mengejek. Untuk membantunya mengatasi hal tersebut, membuat rumah Anda aman baginya. Jangan biarkan siapa pun dalam keluarga Anda untuk menggoda atau bahkan mengejeknya tentang hal itu. Jelaskan kepada saudara bahwa mengompol adalah sesuatu hal yang tidak memiliki kontrol dan bahwa ia membutuhkan cinta dan dukungan semua orang

Bullying di Sekolah Tentang Mengompol

Menghindari anak-anak lain atau pulang ke rumah dengan luka yang dijelaskan tanda-tanda anak Anda mungkin akan ditindas. Dengarkan apa yang anak Anda katakan. Bicara dengan dia dan membiarkan dia tahu bahwa Anda tahu itu bukan salahnya. Lalu berbicara dengan orang-orang di sekolah dan bertanya apa yang telah mereka lihat. Jadilah proaktif dan bekerja sama dengan sekolah untuk menemukan cara untuk membuat temannya berhenti menggoda dan mengejeknya.

Kapan Menghubungi Dokter

Jika anak Anda masih mengompol pada usia 7 tahun, pertimbangkan untuk kunjungan ke dokter. Meskipun mungkin ada masalah medis, sebagian besar hal itu tidak ada. Juga, kunjungi dokter jika anak Anda tiba-tiba mulai mengompol setelah tidak melakukannya lagi selama 6 bulan atau lebih.

Nah, itulah beberapa cara Mengatasi Anak Yang Suka Mengompol yang bisa Anda lakukan. Dan pada intinya, memarahi atau mengejek bukan cara yang terbaik. Tetap beri dukungan dan kepercayaan merupakan hal yang paling utama. Karena itu adalah cara mendidik anak anak disiplin yang benar.

Leave a Reply