Kapan Makanan Bayi Bisa Diberikan

Makanan Bayi – Selama tahun pertama dari orang tua, makanan bayi Anda relatif sederhana: ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi, namun sekarang bahwa bayi Anda telah mencapai tahap tumbuh gigi. Anda mulai merasa mungkin sudah saatnya untuk perlahan-lahan memperkenalkan makanan padat. Tapi kapan waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan makanan bayi semi-padat dan padat makanan bayi kepada bayi Anda? Apakah ada masa rekomendasikan waktu, atau harus keputusan dibuat berdasarkan naluri orangtua sendiri?

Tidak ada akhir untuk jawaban tentang isu memperkenalkan makanan bayi Tampaknya seolah-olah setiap ahli gizi dan medis memiliki pendapat berbeda mengenai masalah ini,. Namun ada beberapa congruities mendasari yang dapat membantu Anda untuk menentukan kapan bayi Anda siap untuk makanan bayi semi-padat dan padat.

Pendapat Para Ahli Gizi Dunia

Sementara banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa Anda dapat mulai memperkenalkan bayi Anda pada makanan padat saat berusia empat bulan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), komite kesehatan PBB, merekomendasikan bahwa bayi tidak boleh mulai makan makanan padat sampai mereka berusia enam bulan. organisasi kesehatan berpengaruh lainnya, seperti UNICEF dan American Academy of Pediatrics (AAP) memiliki rekomendasi yang sama seperti WHO mengenai isu waktu yang tepat untuk memperkenalkan makanan bayi.

makanan bayi 1 - momymilkJadi mengapa dokter dan ahli kesehatan memutuskan pada penanda bulan keenam sebagai waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan makanan padat bayi? Setelah bayi Anda mencapai usia bulan enam, ia akan memiliki perkembangan fisik yang dibutuhkan untuk menelan dan mencerna makanan padat. Sebelum enam bulan, bayi Anda akan memiliki refleks muntah yang sangat sensitif yang bisa dipicu oleh makanan padat selain naluri luar biasa untuk terus mendorong lidah, yang membuat makanan padat sangat sulit untuk dikonsumsi. Para ahli kesehatan melakukan penelitian untuk mendukung teori bahwa pemberian dini dapat meningkatkan risiko obesitas, dan Anda memiliki beberapa alasan yang sangat kuat untuk menahan makanan padat sampai bayi Anda mencapai usia enam bulan.

Menentukan Waktu Pemberian Makanan Bayi Padat

Tentu saja, penting bagi setiap orang tua untuk membuat keputusan untuk memperkenalkan makanan padat berdasarkan kebutuhan bayi Anda. Untuk menentukan apakah bayi Anda siap pada makanan bayi padat, jika Anda telah menjawab “ya “untuk sebagian besar pertanyaan dibawah ini, maka bayi anda siap untuk beralih ke makanan yang lebih padat:

  • Apakah bayi Anda menjadi lebih ingin tahu tentang makanan Anda sendiri? Misalnya, apakah bayi Anda mencoba untuk mengambil makanan dari piring Anda sendiri atau menonton Anda bersemangat saat Anda makan malam. Bayi menggunakan insting untuk pindah dari ASI dengan makanan padat, maka tunggulah perilaku bayi Anda dengan hati-hati untuk tanda-tanda ini.
  • Apakah bayi Anda merasa kurang puas dengan ASI atau susu formula bayi? Apakah bayi Anda menjadi lapar lebih cepat dari biasanya? Jika demikian, bayi Anda membutuhkan makanan yang lebih besar dalam rangka untuk memuaskan nafsu!
  • Apakah bayi Anda mengerahkan lebih banyak kontrol atas tubuhnya? Misalnya, bayi Anda dapat dengan mudah mengangkat kepalanya atau menggelengkan kepala? Hal ini sangat penting ketika memutuskan apakah bayi Anda siap dengan makanan bayi, karena kontrol kepala yang lebih baik akan membantunya menelan makanan dengan mudah dan menolak makanan setelah ia menjadi terlalu penuh.
  • Apakah bayi Anda sering terbangun sepanjang malam, padahal sebelumnya dia tidur nyenyak? Ini bisa menjadi indikasi yang baik bahwa dia siap untuk makanan yang lebih padat, karena ASI atau susu formula bayi tidak menjaga kenyang nya pada malam hari . Namun, sebaiknya berhati-hati karena ini juga bisa menjadi gejala dari proses tumbuh gigi bayi Anda.

Jadi jika bayi Anda telah siap dengan makanan bayi padat, apa makanan yang tepat yang tidak hanya mudah untuk dimakan, tapi akan mudah pada sistem pencernaan yang halusnya juga?

Peneliti gizi dan kesehatan menyarankan agar orang tua mulai dengan karbohidrat, seperti beras bayi atau oatmeal bayi. Makanan semi padat ini tidak akan menimbulkan tantangan bagi bayi untuk menelan, tapi masih akan memuaskan nafsu makan yang kuat. Buah dan sayuran halus juga dapat diperkenalkan pada saat ini, karena itu adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa bayi Anda terus mendapatkan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang dia perlu untuk tumbuh sehat dan kuat.

Jenis Makanan Bayi

Yang pertama bahwa Anda mungkin ingin mencoba untuk memberi makan bayi Anda adalah makanan rasa pisang. Anda dapat memberikan pisang matang dan biarkan bayi Anda mencobanya. Anda dapat melembutkan pisang dan memperkenalkannya dengan berbagai sereal instan lainnya yang mudah dicerna untuk bayi. Pisang merupakan sumber yang baik dari vitamin B6, vitamin C dan kalium. Nutrisi ini penyedia energi yang baik bagi bayi Anda setiap hari.

makanan bayi 2 - momymilkJika bayi Anda memiliki masalah dengan beras atau oatmeal bayi, cobalah mencampur satu sendok makan dengan ASI atau susu formula untuk membuat konsistensi yang lebih cair. Jangan lupa untuk menggunakan sendok terbungkus karet, sendok garpu logam biasa mengiritasi gusi sensitif bayi Anda – dan karena dia mungkin akan melalui proses tumbuh gigi, ini bisa sangat menyakitkan bagi bayi Anda!

Anda juga dapat mencoba untuk ubi jalar direbus dan dihaluskan untuk bayi Anda. Selain menjadi tepung dan mudah dicerna bila ditumbuk, ubi jalar juga kaya karbohidrat, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6. Anda dapat menambahkan sedikit gula di atasnya atau mencampurnya dengan bumbu lainnya. Bayi pasti akan menyukai jenis makanan lezat dan mudah untuk makan.

Sayuran juga merupakan bagian penting dari menu makanan bayi. Meskipun dalam jumlah sedikit dan pengenalan bertahap, sayuran adalah sumber yang baik dari antioksidan dan vitamin. Wortel adalah salah satu contoh yang baik dari sayuran yang dapat dimasukkan dengan mudah dicerna sereal instan untuk bayi. Anda dapat memiliki wortel parut di atas sereal atau Anda juga dapat memiliki diparut sereal campuran dengan kentang tumbuk.

Anda dapat memberikan bayi Anda salah satu makanan bayi padat seperti alpukat, apel, pir dan labu. Ada juga jenis lain dari makanan bayi yang dapat Anda berikan kepada bayi Anda. Pastikan untuk mempraktekkan prinsip 4-hari ketika memperkenalkan makanan baru untuk bayi Anda. Ini adalah salah satu cara untuk menentukan beberapa alergi makanan terhadap bayi Anda pada beberapa makanan tertentu.

Kesimpulan

Ini adalah tips sederhana mengenai cara untuk memberikan bayi Anda makanan bergizi yang kebanyakan dianjurkan oleh para ahli. Selalu diingat bahwa seperti Anda, bayi membutuhkan makanan tersebut agar tetap sehat dan memelihara mereka saat tumbuh dewasa.

Ingat, keputusan akhir untuk pindah ke makanan bayi padat harus dilakukan oleh Anda dan bayi Anda – jadi jika dia siap untuk itu, maka begitu juga Anda!

Leave a Reply