Tips Merawat Kehamilan di Trimester Kedua

Momymilk – Melanjutkan artikel yang kemarin pernah kita bahas sebelumnya tentang tips Merawat Kehamilan Di Trimester Pertama, maka berikut ini catatan dari momymilk selanjutnya dalam tips merawat kehamilan. Bagi anda yang baru menemukan catatan ini, sebaiknya anda baca dulu posting sebelumnya. Nah, saat Anda memasuki trimester kedua dalam kehamilan anda, mual dan muntah juga kelelahan yang mendera Anda selama tiga bulan terakhir akan memudar dan kondisi anda akan lebih bak dan energik seperti sebelumnya sebelum kehamilan. Trimester kedua bagi banyak perrempuan hamil bisa menjadi tiga bulan termudah dalam proses kehamilan anda. Ini merupakan saat yang tepat untuk merencanakan kedatangan bayi anda.

pregnanzy7Selama trimester kedua, bayi Anda tumbuh dengan cepat. Antara minggu ke-18 dan 22 kehamilan, Anda bisa melakukan USG sehingga dokter dapat melihat bagaimana dengan kemajuan perkembangan bayi dalam kandungan anda. Anda juga juga dapat mempelajari jenis kelamin bayi yang Anda kandung, kecuali jika Anda lebih suka dengan kejutan. Meskipun Anda telah merasa lebih baik sekarang, namun perubahan besar masih terjadi di dalam tubuh Anda dan ini merupakan yang Anda harapkan.

Perubahan Pada Tubuh Anda

Sakit punggung. Bertambahnya berat badan yang Anda peroleh dalam beberapa bulan terakhir ini mulai memberikan tekanan pada punggung, sehingga mengakibatkan sakit dan perih. Untuk mengurangi tekanan ini Anda bisa duduk tegak dan menggunakan kursi yang memberikan sandaran untuk duduk yang lebih baik. Anda bisa tidur menyamping dengan bantal terselip di antara kaki Anda. Hindari mengambil atau membawa sesuatu yang berat. Kenakan sepatu atau sandal bertumit rendah, sepatu yang nyaman dengan dukungan lengkungan yang baik. Jika rasa sakit benar-benar tidak nyaman, mintalah pasangan Anda untuk menggosok tempat yang sakit, atau Anda bisa melakukan pijat kehamilan.

Pendarahan gusi. Sekitar 50 persen dari wanita yang hamil mengalami gusi bengkak. Perubahan hormon yang mengirim lebih banyak darah ke gusi Anda, membuat mereka lebih sensitif dan menyebabkan mereka lebih mudah berdarah. Gusi Anda akan kembali normal setelah bayi Anda lahir. Sementara itu, anda bisa menggunakan sikat gigi yang lembut dan hindari membersihkan gigi dengan tusuk gigi. Studi menunjukkan bahwa wanita hamil dengan penyakit gusi (penyakit periodontal) lebih mudah mengalami persalinan prematur dan melahirkan bayi dengan berat rendah.

Pembesaran payudara. Sebagian besar nyeri payudara yang Anda alami selama trimester pertama akan berhenti, tapi payudara Anda masih tumbuh saat mereka mempersiapkan diri untuk memberi makan bayi Anda. Cobalah untuk mengenakan bra dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya untuk memberikan ruang bebas bagi payudara anda.

Mimisan dan hidung tersumbat. Perubahan hormonal menyebabkan selaput lendir pada lapisan hidung membengkak yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan membuat Anda mendengkur di malam hari. Perubahan ini juga mepermudah hidung mengalami pendarahan atau mimisan. Sebelum anda mencoba untuk menggunakan obat pada hidung anda, sebaiknya bicarakan dengan dokter anda terlebih dahulu. Meneteskan larutan garam dan metode alami lainnya bisa menjadi alternatif dalam mengatasi hidung tersumbat. Untuk menghentikan mimisan, anda bisa mencuba untuk tetap tegak dan menekan hidung anda selama beberapa menit sampai pendarahan berhenti.

Keputihan. Cairan putih susu yang keluar dari daerah V diawal kehamilan ini merupakan hal yang normal. Anda dapat memakai panty liner jika itu membuat Anda merasa lebih nyaman, tapi hindari menggunakan tampon karena dapat membawa kuman masuk ke dalam miss V anda. Jika Cairan yang keluar berbau busuk, dan berwarna hijau atau kuning, berdarah, atau jika ada banyak cairan bening, langkah yang terbaik adalah menghubungi dokter Anda.

Sering buang air kecil. Rahim akan naik jauh dari rongga panggul selama trimester kedua, dan bisa mengakibatkan anda sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. memberikan Anda istirahat singkat dari keharusan untuk tetap pergi ke kamar mandi.

Pertumbuhan rambut. Hormon kehamilan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan bisa terjadi di setiap tempat dimana Anda tidak menginginkannya. Rambut di kepala Anda akan menjadi lebih tebal. Anda juga mungkin melihat rambut di tempat-tempat yang Anda tidak pernah sebelumnya, termasuk wajah, lengan, dan punggung. Mencukur dan tweezing mungkin bukan sebuah pilihan yang tepat, namun hanya itu jalan yang paling baik jika anda mengutamakan penampilan karena banyak ahli tidak menyarankan menggunakan laser hair removal, elektrolisis, waxing, atau obat perontok selama kehamilan, karena penelitian masih belum terbukti bahwa mereka

Leave a Reply