Panduan Lengkap Mengobati Ketombe

Tips Rambut РKetombe adalah kondisi rambut sial dan mengganggu yang membuat Anda sering mengintip daerah bahu Anda dan membuat Anda merasa malu di antara kerumunan teman Anda. Namun, Anda tidak usah terlalu kawatir, karena disini gadis akan memberikan Panduan Lengkap Mengobati Ketombe Anda dimana sebelumnya gadis telah memberikan  Tips Sederhana Memiliki Rambut Yang Kuat.

Lapisan mengupas dan kering pada kulit kepala – adalah masalah rambut yang universal dan menjengkelkan. Perkembangan gatal dan ruam pengelupasan pada kulit kepala adalah akar penyebab dari masalah ini. Kondisi ini yang menyebabkan perkembangan pengelupasan ruam pada kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe yang disebut dengan dermatitis seboroik.

Ketombe2 - GadisKadang-kadang, hal ini juga mempengaruhi area lain dari tubuh yaitu alis, dada, jenggot, pangkal paha dan punggung dan meninggalkan kulit daerah yang terkena menjadi merah dan bengkak. Bahkan dengan berbagai  produk anti-ketombe termasuk shampoo, conditioner dan serum, sebagian besar produk kelembaban dan minyak alami dari kulit kepala Anda,justru bisa memperparah kondisi bahkan lebih. Oleh karena itu, selalu lebih baik untuk menggunakan solusi alami yang efektif dan benar-benar bebas efek samping.

Apa yang paling dermatologists percaya bahwa ketombe serta dermatitis seboroik disebabkan karena kepekaan terhadap ragi yang dikenal sebagai Pityrosporum. Meskipun sejumlah kecil Pityrosporum yang hadir pada kulit kepala setiap manusia, tetapi mereka yang menderita kulit kepala bersisik memiliki jumlah besar akan hal itu. Di samping itu, kekurangan mineral tertentu atau vitamin juga menghasilkan ketombe.

Ketombe juga merupakan salah satu dari Permasalahan Yang Sering Terjadi pada Rambut. Memenuhi kekurangan vitamin dan mineral sedikit banyak dapat banyak membantu Anda dalam mengatasi ketombe. Selain itu, beberapa perawatan alami juga ada yang berguna dalam memecahkan masalah.

Penyebab Lain Dari Ketombe

Mengapa ketombe telah berkembang menjadi masalah yang tersebar luas hari ini? Mengapa beberapa orang harus berjuang dengan ketombe tetapi yang lain tidak? Apa yang penderita dapat lakukan untuk membantu dalam mengatasi kondisi kulit kepala mereka

Seperti dijelaskan diatas bahwa ketombe dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, dapat dihasilkan oleh kulit kepala yang memiliki minyak berlebih atau terlalu kering, atau bisa juga berasal dari over-keramas atau bahkan sebaliknya tidak cukup sering keramas. Tidak heran itu adalah suatu kondisi yang harus dihindari. Namun, di sini kita akan mencoba melihat penyebab lain dari ketombe

  • Kulit Kepala Kering: Overawing dan cuaca sangat kering dapat membawa kulit kepala kering yang menjadi faktor utama untuk ketombe.
  • rambut kotor : Tak perlu dikatakan, tidak mencuci rambut cukup sering memberikan kontribusi banyak untuk ketombe. Apa yang sebenarnya terjadi adalah, ketika Anda tidak sampo rambut secara menyeluruh, deposito sel-sel kulit dan minyak kulit kepala yang tersisa pada kulit kepala yang berubah menjadi ketombe setelah beberapa saat.

  • Dermatitis seboroik : Dermatitis seboroik cenderung untuk meninggalkan kulit kepala Anda dan kulit berminyak dan teriritasi, menyebabkan ketombe keputihan atau kekuningan dan lengket. Hal ini juga disebut ketombe basah.
  • Produk Perawatan Rambut: Beberapa produk perawatan rambut juga berkontribusi terhadap ketombe dengan kulit kepala iritasi.
  • Kondisi kulit kepala : Kondisi kulit kepala tertentu seperti psoriasis dan eksim menghasilkan sel mati yang terkelupas sebagai ketombe.
  • Scalp Jamur : Malassezia ,seperti jamur ragi dapat memicu pertumbuhan berlebihan dari sel-sel kulit di atas kulit kepala, terutama jika rambut terlalu banyak berminyak. Sel-sel tumbuh, mati dan hancur seperti keputihan, ketombe bersisik.
  • Kurangnya Sinar Matahari dan UVA: Kulit kepala kita secara alami menghasilkan ragi tertentu yang dikendalikan oleh tingkat yang aman dari sinar ultraviolet (UVA) yang dipancarkan oleh matahari. Pada saat kurangnya paparan sinar matahari dalam rentang waktu yang lama membuat ragi tersebut menjadi penuh dan memicu ketombe.

Obat tradisional ketombe yang biasa digunakan adalah selenium sulfida, asam sulfur dan salisilat, zinc pyrithione, atau shampoo tar. Jika masalah yang terjadi sangat parah, maka krim hidrokortison mampu bekerja lebih baik.

Pengobatan Alami Untuk Ketombe

Untuk pengobatan dari dalam terutama nutrisi yang penting bagi rambut anda adalah dengan menjaga menu diet Anda, termasuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Sebaliknya, mengkonsumsi banyak sayuran berdaun hijau dan makanan yang tidak diolah. Biotin, vitamin B larut dalam air, vitamin B kompleks (B1 dan B2), Vitamin A, asam lemak Omega, dan asupan Zinc dapat membantu dalam meminimalkan masalah ketombe. Sumber alami Biotin adalah kacang, sarden, pisang, ragi, hati dll membantu dalam mogok protein, lemak dan karbohidrat.

Sedangkan untuk perawatan dan pengobatan ketombe dari luar secara alami dan tradisional, berikut tips dibawah ini yang bisa Anda coba.

  • Ekstrak biji Anggur: Tambahkan sedikit ekstrak biji anggur dalam sampo dan gunakan untuk mencuci rambut Anda.
  • Minyak Pohon Teh: Tuangkan minyak pohon teh beberapa tetes sampo, aduk keduanya dengan baik dan gunakan untuk mencuci rambut.
  • Cuka sari apel: Oleskan pada seluruh rambut serta kulit kepala dan membungkus handuk lembut dan bersih di kepala. Biarkan saja seperti itu selama 60 menit dan kemudian bilas.
  • Shampoo berbasis Selenium : Gunakan sampo yang memiliki selenium, yang dapat meredakan masalah karena bersifat anti-jamur.
  • Biji Methi : Sering digunakan di bidang kesehatan dan kecantikan, biji Fenugreek atau biji methi sangat bermanfaat untuk rambut Anda. Ini memberikan kilau alami dan bersinar ke setiap helai rambut Anda dan membantu dalam mengatasi manifestasi ketombe. Untuk menggunakan benih methi sebagai pengobatan ketombe Anda perlu rendam dua sendok makan biji methi dalam air semalaman dan kemudian menggilingnya untuk dijadikan pasta yang lembut. Terapkan ke kulit kepala Anda selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan sampo. Ini adalah herbal perawatan anti ketombe yang dapat dilakukan dua kali seminggu untuk pemulihan lebih cepat.
  • Jeruk nipis : Dengan memanfaatkan dari perasan dari lemon dan jeruk nipis, Anda dapat menghilangkan ketombe pada rambut dan kulit kepala Anda. Gunakan perasan lemon selama bilasan akhir saat keramas dapat membuat rambut Anda bersinar, memberantas lengket dan menangkal ketombe.

Dengan menjaga pola hidup sehat dan membiasakan diri untuk selalu rajin merawat tubuh Anda, selain memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, juga menjadi kontibutor utama dalam menjaga penampilan Anda.

Leave a Reply